Jumat, 20 Maret 2015

KUMPULAN BERITA +5W1H

* BERITA KEBAKARAN DI JAKARTA UTARA. *

Mayoritas kebakaran yang terjadi di wilayah Jakarta Utara dipicu oleh hubungan pendek arus listrik. Razia jaringan rutin digelar, tetapi kasus kebakaran terus berulang.

Selain menyiapkan perangkat pemadam, warga juga diimbau mengecek kondisi kabel dan sambungan listrik secara rutin dan menggantinya jika dinilai perlu.

Berdasarkan data Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, hingga Rabu (27/3/2013), sedikitnya 18 kasus kebakaran terjadi sejak awal Januari 2013. Kebakaran mengakibatkan 38 keluarga kehilangan tempat tinggal dan kerugian hingga Rp 24 miliar.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Nurdin Silalahi mengatakan, seperti kasus-kasus yang terjadi tahun lalu, kebakaran yang terjadi belakangan lebih sering dipicu oleh hubungan pendek arus listrik.

Oleh karena itu, selain razia rutin oleh petugas PLN, warga diimbau memperhatikan kondisi kabel dan sambungan.

Sepanjang tahun 2012 terjadi 186 kasus kebakaran di wilayah Jakarta Utara. Akibatnya, 2.197 keluarga yang terdiri dari 6.917 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran juga mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan 12 orang luka-luka. Kebakaran juga menimbulkan kerugian hingga Rp 36,4 miliar.

"Mayoritas di antaranya dipicu oleh hubungan pendek," kata Nurdin. Pemerintah DKI Jakarta, lanjut Nurdin, akan membagikan 1.000 unit pemadam kebakaran portable untuk setiap kecamatan tahun ini. Di enam kecamatan di Jakarta Utara, alat telah siap dibagikan.

Sumber:

http://megapolitan.kompas.com/read/2013/03/27/12303699/Mayoritas.Kebakaran.karena.Hubungan.Pendek.Arus.Listrik?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp


5W +1H

What (Apa): Apa peristiwa yang terjadi?

Peristiwa yang menjadi berita adalah kebakaran

When (Kapan): Kapan peristiwa itu terjadi?

Peristiwa tersebut terjadi (27/3/2013)

Where (Dimana): Dimana peristiwa itu terjadi?

Tempat terjadinya peristiwa Jakarta Utara

Who (Siapa): Siapa korban dalam peristiwa itu?

Yang menjadi korban adalah warga sekitar

Why (Mengapa): Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?

Penyebabnya adalah karena adanya hubungan pendek arus listrik

How (Bagaimana): Bagaimana antisipasi agar peristiwa itu tidak terjadi lagi?

     Selain menyiapkan perangkat pemadam, warga juga diimbau mengecek kondisi kabel dan sambungan listrik secara rutin dan menggantinya jika dinilai perlu.


* BERITA GEMPA BUMI. *

Berikut ini permasalahan tentang gempa bumi yang mengandung unsur 5 w + 1h
Gara-gara Gempa, Festival Danau Lindu Dibatalkan

Metrotvnews.com, Bora: Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membatalkan kegiatan Festival Danau Lindu yang dijadwalkan berlangsung September 2012. Keputusan itu diambil setelah gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang wilayah tersebut beberapa waktu lalu.
"Kegiatan itu terpaksa kami batalkan karena adanya bencana alam gempa bumi yang terjadi pada 18 Agustus 2012," kata Wakil Bupati Sigi Livingstone Sango di Palu, Senin (24/9).
Menurutnya, bencana merusak banyak rumah dan fasilitas lain di Kecamatan Lindu, yang menjadi lokasi festival tersebut. Rumah dan bangunan lain harus dibangun kembali dengan dana yang cukup besar.
Sementara pelaksanaan Festival Danau Lindu juga membutuhkan dana dengan jumlah yang tak sedikit. Pemkab Sigi akhirnya memutuskan tak menggelar kegiatan itu hingga tahun 2013.
Pemkan Sigi memprioritaskan perbaikan rumah-rumah warga, sarana ibadah, sekolah dan jalan yang rusak akibat gempa. Guncangan melanda tiga kecamatan yaitu Lindu, Gumbasa dan Kulawi pada 18 Agustus 2012.
Festival Danau Lindu tak digelar dalam dua tahun terakhir. Pada 2011, bencana banjir bandang terjadi di Kecamatan Kulawi sehingga festival pun dibatalkan.(Ant/RRN)

Ø  Pokok-pokok berita (5w + 1h)
1.      (what)
Apa yang terjadi?
= gara-gara gempa, festival Danau Lindu dibatalkan.
2.      (where)
Dimana peristiwa tersebut terjadi ?
= Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
3.      (when)
Kapan peristiwa tersebut terjadi ?
= September 2012
4.      (who)
Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut ?
= masyarakat kabupaten Sigi.
5.      (why)
Mengapa peristiwa tersebut terjadi ?
= festival dibatalkan karena gempa yang merusak banyak rumah dan fasilitas lain di Kecamatan Lindu, yang menjadi lokasi festival tersebut.
6.      (how)
Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi ?
=Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membatalkan kegiatan Festival Danau Lindu yang dijadwalkan berlangsung September 2012. Keputusan itu diambil setelah gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang wilayah tersebut beberapa waktu lalu.


*   BERITA KEBAKARAN. *

Berikut ini permasalahan tentang kebakaran yang mengandung unsur 5 w + 1h
Kebakaran Hutan Sindoro Belum Bisa Dipadamkan
Metrotvnews.com, Temanggung: Kawasan hutan lindung di lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Ahad kemarin, terbakar. Hingga Senin (24/9) ini api masih berkobar.
Petugas Perum Perhutani dan warga setempat kini sedang berusaha memadamkan api yang sejak Ahad petang membakar kawasan hutan lindung di lereng Gunung Sindoro itu. Menurut Juni Junaidi, Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, setidaknya ada 23 personel dari empat Resor Pemangkuan Hutan (RPH) diturunkan untuk memadamkan api.
Api melalap hutan lindung di petak 10 dan 11 lereng Gunung Sindoro. Selain petugas gabungan dari RPH Kecepit, Kemloko, Jumprit, dan Kwadungan, ada Polisi Mobil dari Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara serta masyarakat Giripurno dan Katekan di Kecamatan Ngadirejo.
"Sejak pukul 07.00 WIB telah naik ke lokasi kebakaran," katanya.
Api yang membakar hutan lindung petak 10 dan 11 RPH Kwadungan mulai terlihat sekitar pukul 18.30 WIB. Titik api berasal dari petak 10 kemudian merambat ke petak 11.
Menurut Juni, petugas baru bisa mulai memadamkan api pada Senin pagi karena medan berat.
"Kami belum bisa mengetahui luasan kebakaran tersebut," katanya.
Juni menduga kebakaran itu merupakan kelanjutan dari kebakaran pekan lalu.
"Kemungkinan ada tunggak kayu, terutama di kawasan jurang yang masih membara kemudian tertiup angin dan menimbulkan kebakaran lagi," jelas Juni.(Ant/DSY)

Ø  Pokok-pokok berita (5w + 1h)
1.      (what)
Apa yang terjadi?
= kebakaran hutan Sindoro yang susah di padamkan.
2.      (where)
Dimana peristiwa tersebut terjadi ?
= Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
3.      (when)
Kapan peristiwa tersebut terjadi ?
= Senin (24/9)
4.      (who)
Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut ?
= warga masyarakat kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Serta Junaidi, Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung.
5.      (why)
Mengapa peristiwa tersebut terjadi ?
= diduga kebakaran itu merupakan kelanjutan dari kebakaran pekan lalu. dan Kemungkinan ada tunggak kayu, terutama di kawasan jurang yang masih membara kemudian tertiup angin dan menimbulkan kebakaran lagi.
6.      (how)
Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi ?
= Api yang membakar hutan lindung petak 10 dan 11 RPH Kwadungan mulai terlihat sekitar pukul 18.30 WIB. Titik api berasal dari petak 10 kemudian merambat ke petak 11.


  *  BERITA PESAWAT AIR ASIA QZ 8501
5W1H  *

merupakan kependekan dari What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya bisa menjawab pertanyaan 5W1H tersebut.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Pada gilirannya, jawaban atas pertanyaan 5W1H tersebut itulah yang disebut dengan pokok-pokok berita.

Berikut contoh berita yang disusun berdasarkan 5W1H:
Apa
Pesawat Air Asia yang lepas landas dari bandara Juanda Surabaya menuju ke Singapura, pagi tadi (28/12/2014) sekitar pukul 06.17 WIB hilang kontak.

Di mana
Pesawat dengan nomor registrasi PK AXC dan muatan 155 penumpang dan 7 awak itu diperkirakan jatuh di perairan Tanjung Pandang dan Pontianak.

Kapan
Pesawat berangkat Minggu pagi pukul 05.20 WIB dari Surabaya menuju Singapura menggunakan nomor penerbangan QZ 8501 dan sedianya dijadwalkan tiba di Singapura pukul 08.30 waktu setempat.

Siapa
Kementerian Perhubungan menegaskan mengenai hilangnya pesawat AirAsia AWQ8501 itu dalam jumpa pers di kantor Otoritas Bandara Wilayah II, Bandara Soekarno-Hatta.
Dari data penumpang yang ikut dalam penerbangan AirAsia diketahui, sebanyak 68 orang merupakan wanita dan 70 laki-laki. Sedangkan 16 lainnya merupakan penumpang anak-anak dan 1 bayi. Dari 155 penumpang tersebut, total barang bawaan yang ikut diangkut AirAsia QZ8501 yakni sebanyak 1.305 kilogram.
Penumpang pesawat didominasi warga negara Indonesia, lainnya 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, dan 3 WN Korea Selatan. Selain 155 penumpang tersebut, ada 7 awak pesawat. Total 162 orang.

Mengapa
Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo menegaskan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apapun penyebabnya selain pesawat hilang kontak dari menara pengawas pada pukul 06.17 WIB. Djoko berharap, pesawat bisa ditemukan dalam keadaan selamat di tempat lain. "Lokasi hilang kontak yakni antara Tanjung Panda dan Pontianak agak ke selatan. Basarnas masih mencari posisinya itu karena ELT yang biasa pesawat itu jatuh, akan ada transmisi, ini belum ada," kata Djoko.

Bagaimana
Pesawat yang berangkat Minggu pagi pukul 05.20 WIB dari Surabaya itu sedianya dijadwalkan tiba di Singapura pukul 08.30 waktu setempat.
Namun menara pengawas Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur menyatakan hilang kontak dengan pesawat pada pukul 07.55 WIB setelah pilotnya meminta izin menambah ketinggian pesawat ke 35.000 kaki. Pesawat terakhir terlihat di radar pengawas lalu lintas udara, berada di perairan sekitar Tanjung Pandan, Provinsi Bangka Belitung.
Sumber: Kompas, Tribunnews, Liputan6
Berita tanggal 28 Desember 2014

7 komentar:

  1. Makasih, ngebantu bgt

    Sekalian follow ig gue @nrsitrh_ makasih dan mari berteman🙌

    BalasHapus
  2. Ngebantu banget buat tugas B.Indonesia gua makasih ya

    BalasHapus
  3. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain

    Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player -

    Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank

    Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan

    24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : (

    BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun -

    AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami

    Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus
  4. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus